RPP TENTANG KALOR (STADT)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMA
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA


Standar Kompetensi
                4.    Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai                                              perubahan energi.

Kompetensi Dasar
              4.1  Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat.

Indikator
1.      Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda.
2.      Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian).
3.      Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian suhu.
2.      Menjelaskan tubuh bukan pengukur suhu yang baik.
3.      Menjelaskan prinsip kerja termometer.
4.      Menjelaskan pengertian sifat termometrik.
5.      Menyebutkan beberapa contoh sifat termometrik.
6.      Menyebutkan beberapa skala termometer.
7.      Menjelaskan hubungan skala suhu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin.
.
8.      Menjelaskan pengertian kapasitas kalor.
9.      Menjelaskan pengertian kalor jenis.
10.  Menjelaskan proses pemuaian.
11.  Membedakan pemuaian panjang, luas, dan volum.
12.  Menjelaskan hubungan antara koefisien muai panjang, luas, dan volum.
13.  Membedakan wujud gas, cair, dan padat.
14.  Menjelaskan perubahan wujud zat.
15.  Membedakan kalor laten peleburan dan kalor laten penguapan.

B. Materi Pembelajaran
`           Suhu, Kalor, dan Perubahan Wujud

C. Metode Pembelajaran
1.      Model   : STADT
            2.  Metode  :  -  Diskusi kelompok
                                    -  Ceramah
   -  Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Sebutkan beberapa contoh sifat termometrik.
-      Satuan apakah yang digunakan untuk skala termodinamika?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan sifat termometrik?
-      Bagaimana hubungan skala Celcius dan Kelvin?
b. Kegiatan Inti
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai tubuh bukan pengukur suhu yang baik.
·         Peserta didik memperhatikan prinsip kerja termometer yang disampaikan oleh guru.
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan soal pada LDS yang disiapkan guru.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan skala umum dari berbagai skala termometer.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menghitung skala suhu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menghitung skala suhu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin untuk dikerjakan peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
            c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.









PERTEMUAN KEDUA

            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah kapasitas kalor merupakan sifat spesifik dari suatu zat?
-      Adakah hubungan antara koefisien muai panjang, luas, dan volum?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan kapasitas kalor?
-      Bagaimana terjadinya proses pemuaian?
        
            b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik dalam kelompoknya mengerjakan LDS yang dibagikan oleh guru
·         Tiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) melakukan eksperimen sesuai LKS yang telah disiapkan.
·         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan pemuaian panjang, luas, dan volum.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan pemuaian panjang, luas, dan volum yang disampaikan oleh guru
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan pemuaian panjang, luas, dan volum untuk dikerjakan peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

            c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apresepsi:
-      Apakah wujud suatu zat dapat berubah?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Faktor apakah yang mempengaruhi perubahan wujud suatu zat?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan LDS yang telah disiapkan guru
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan kalor yang diperlukan untuk mengubah suatu zat untuk dikerjakan peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
         c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA kelas X
 b. Bahan ajar fisika
            c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                    -  Tes tertulis      
             b. Bentuk Instrumen:
   -  Tes PG
   -  Tes isian
                     -  Tes uraian
             c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Sebanyak 200 gram air bersuhu 60 0C dicampur dengan susu bermassa 50 gram dengan suhu 50 0C. Jika kalor jenis air sama dengan kalor jenis susu, maka suhu campurannya adalah ....
 A. 20 0C                                         D. 50 0C
 B. 30 0C                                          E. 60 0C
 C. 40 0C
-  Contoh tes isian
Sebatang logam yang panjangnya 1 m dipanaskan dari suhu 20 0C sampai
80 0C sehingga mengalami pertambahan panjang 1 mm. Bila logam tersebut dipanaskan hingga suhu 140 0C, maka panjang logam menjadi ....
-   Contoh tes uraian
Hitunglah kalor yang dibutuhkan untuk mengubah 200 gram es yang bersuhu -10 0C menjadi uap air bersuhu 125 0C.

                                                                         ............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah spektroskopi

peran bahasa indonesia untuk pembelajaran fisika

kartu soal pilihan ganda